DARADAENG.COM – Betapa indahnya hidup ketika dapetin smartphone keluaran terbaru lengkap

sama paket internet unlimited termurah yang super cepat. Belum lagi harga pasang internet di rumah sangat murah dan mudah. With internet in our pocket life’s getting better, right?

Dengan segala kenikmatan hidup berinternet itu, otomatis segala urusan Kamu bakalan serba lancar tanpa ada kendala. Eits, kata siapa gak ada kendala? Bisa aja ketika Kamu lagi melakukan conference call penting di smartphone, baterainya tiba-tiba habis. Padahal sepertinya sudah di-charge sampai penuh sebelum digunakan. Kenapa bisa begitu?

Ada beberapa faktor yang bisa membuat baterai smartphone cepat drop atau habis. Salah satunya adalah kesalahan ketika charging. Kesalahan itu bisa memengaruhi kemampuan baterai kedepannya. Lalu gimana cara charging smartphone dengan benar? Simak ulasan berikut ini.

Gunakan charger asli

Sebaiknya, pakai charger yang asli untuk mengisi daya smartphone Kamu. Charger asli smartphone biasanya sudah diatur sama produsen supaya bisa mengisi baterai secara optimal. Bagaimana kalo menggunakan charger yang berbeda jenis smartphone dan merknya? Sebenarnya bukan masalah besar. Tapi, biasanya tiap charger punya arus ampere yang berbeda. Kalo berbeda arusnya, proses charging smartphone kamu juga bakalan berbeda.

Charge sebelum benar-benar habis

Sering charging saat baterai smartphone sudah 5%? Sebaiknya jangan charge smartphone kamu kalo persentase baterai hampir habis. Karena, nantinya baterai smartphone kamu bakal cepet bocor. Sebaiknya, charge smartphone Kamu ketika sudah menunjukkan daya sekitar 30-40%.

Menurunkan kontras layar smartphone

Ketika Kamu charging dalam keadaan menyala, sebaiknya turunkan kontras layar smartphonenya. Kenapa? Karena kontras layar bisa memakan daya yang cukup besar, sampai baterai smartphone kamu cepat habis. Maka, turunkanlah kontras layar agar proses charging berjalan dengan baik.

Hindari charging melalui port USB komputer atau laptop

Banyak orang yang charging menggunakan port USB dari komputer dan laptop dengan alasan tanggung sambil kerja atau lupa bawa charger smartphone. Hal ini sebaiknya jangan dilakukan karena arus yang berasal dari USB port hanya 0,5 A aja. Nantinya, proses charging smartphone kamu bakal lebih lama dan ngerusak baterai smartphone kamu.

Kurangi penggunaan power bank

Biarpun power bank adalah penyelamat di kala baterai smartphone habis, tapi sebaiknya jangan terlalu sering charging smartphone kamu pakai powerbank. Karena nantinya bisa berpotensi mengurangi umur baterai smartphone kamu. Lebih parah lagi, baterai smartphone kamu bahkan bisa drop secara tiba-tiba.