Rasa Nyeri Akibat Menstruasi
Categories: Health

Cara Mudah Menghilangkan Rasa Nyeri Akibat Menstruasi

DARADAENG – Rasa nyeri dan kram perut memang wajar terjadi ketika seorang wanita mengalami menstruasi. Kondisi ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda bukan? Namun ternyata ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi <strong>nyeri haid. Jika rasa nyeri melanda, segera lakukan beberapa cara berikut ini.

Minum Air Hangat

Selama masa haid, tubuh akan mengeluarkan cairan lebih banyak dari biasanya sehingga hal ini perlu diimbangi dengan mengonsumsi cukup air putih. Namun demi memberikan rasa yang lebih nyaman di bagian perut, sebaiknya konsumsi air hangat. Tak hanya untuk menambah cairan dalam tubuh saja, mengonsumsi air hangat juga dapat mengurangi rasa nyeri akibat haid.

Jaga Pola Makan Secara Teratur

Selama siklus haid, biasanya seorang wanita akan mengalami penurunan nafsu makan. Padahal sebenarnya hal ini sebenarnya tak baik bagi kesehatan dan hanya akan menimbulkan penyakit lain. Untuk itu pastikan selalu atur pola makan dengan baik. Bahkan jika perlu Anda bisa mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit namun dalam frekuensi yang sering.

Lakukan Olahraga Ringan

Rasa nyeri yang tak tertahankan memang sering kali membuat seseorang malas bergerak. Meski begitu pastikan Anda tetap melakukan olahraga ringan yang bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah. Selain itu, pastikan Anda tahu cara memakai pembalut dengan benar agar tak bocor selama bergerak dan berolahraga.

Minum Jamu Kunyit Asem

Orang tua terdahulu dan sebagian besar wanita memang sapat percaya akan khasiat obat herbal yang bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah jamu kunyit asem yang dipercaya mampu meredakan nyeri akibat menstruasi. Saat ini Anda juga bisa dengan mudah menemukan jamu kunyit asem baik dalam bentuk kemasan maupun tidak.

Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Jika Anda memang sudah tak kuat lagi menahan rasa nyeri akibat menstruasi, mengonsumsi obat pereda nyeri bisa jadi solusi terbaik yang bisa Anda pilih. Meski demikian jangan sembarangan membeli obat pereda nyeri ya. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan obat pereda nyeri terbaik sesuai dengan anjuran dokter.
Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri haid yang datang selama masa menstruasi. Namun jika Anda merasakan nyeri yang hebat dan tak kunjung mereda selama haid, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan begitu maka Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Belum ada komentar

Tulis komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *