DARADAENG.COM – Terkadang, rumah yang terlihat rapi, belum tentu terbebas dari debu penyebab alergi, lho. Jika di rumah Anda sering bersin-bersin, gatal, batuk, hingga mata berair, bisa jadi sudah terkena alergi.

Maka, penting sekali untuk menjaga kebersihan rumah agar terbebas dari alergi. Bagaimana caranya? Simak beberapa cara di bawah ini.

Membersihkan sofa dan kasur

Sofa ruang tamu dan kasur di kamar Anda bisa jadi menyimpan banyak debu penyebab alergi. Tak hanya itu, bakteri dan tungau pun bisa berkembangbiak dengan tenang di sana. Maka, bersihkanlah sofa dan kasur secara berkala agar terbebas dari debu, bakteri, dan tungau. Jika terasa sulit membersihkan sela lipatan sofa dan kasur, Anda bisa menghubungi jasa cleaning service rumah. Mereka memiliki jasa general cleaning yang bisa membersihkan area tersulit di rumah Anda.

Rutin membersihkan ventilasi dan AC

Sarang debu yang perlu Anda perhatikan adalah ventilasi dan AC. Filter AC berfungsi untuk menangkap debu dari luar ruang dan menyimpannya di dalam AC. Jika tidak dibersihkan, maka akan terus menumpuk dan terbang keluar bersamaan dengan udara yang diembuskan. Sebaiknya, bersihkanlah filter AC sebulan sekali untuk mencegah debu terhirup oleh anggota keluarga.

Membersihkan gorden

Siapa sangka gorden di ruang tamu Anda selama ini telah menjadi alat penangkap debu? Debu yang menempel pada gorden bisa menyebar dan membuat ruangan penuh debu. Hasilnya, tungau dan kuman pun berkembangbiak di sana. Jadi, bersihkanlah gorden di rumah Anda, terutama pada ruang tamu paling tidak tiga minggu sekali.

Menghilangkan jamur di dinding

Jamur yang tumbuh pada dinding Anda bisa jadi penyebab alergi, lho. Umumnya, jamur pada dinding ini tumbuh karena lembab akibat rembesan air hujan atau atap yang bocor. Anda bisa mencegah pertumbuhan jamur dengan melakukan perbaikan pada kerusakan yang berpotensi bocor. Misalnya, saluran air yang bocor atau dinding yang rembes. Jamur pada dinding atau plafon ini bisa berterbangan menjadi partikel kecil dan akan menyebabkan alergi jika terhirup oleh manusia.