MPASI Pertama Bayi

DARADAENG – Ada banyak jenis menu yang dapat dikonsumsi oleh bayi untuk mendukung kecukupan nutrisi dalam tubuh mereka, mulai dari menu makanan dengan rasa manis hingga yang gurih. Salah satunya bisa dibuat sendiri dengan mengandalkan kaldu untuk MPASI pertama bayi. Pastinya banyak yang sudah tak asing dengan menu makanan bayi dengan rasa yang gurih bukan, semata-mata produk tersebut tidak dibuat dengan mengandalkan penyedap rasa atau yang dikenal sebagai MSG.

Bagaimanapun meskipun MSG ini bisa memberikan rasa yang nikmat pada makanan, namun dampak jangka panjangnya tidak begitu baik, apalagi nantinya akan diberikan kepada bayi. Sehingga banyak diantaranya pilihan menu MPASI bayi yang bisa dibuat dengan menambahkan bahan yang satu ini. Diantaranya adalah yang berasal dari kaldu ikan atau kaldu ayam, namun khusus untuk jenis kaldu ayam sendiri sebaiknya pilihlah ayam kampung, bukan jenis ayam potong atau broiler atau ras, karena sebagian banyak diantaranya dikembangbiakkan dengan mengandalkan bahan pakan kimia, sehingga efek sampingnya juga kurang begitu bagus untuk kesehatan buah hati.

Ada banyak manfaat sebenarnya dari mencampurkan kaldu untuk menu makan sehat buah hati ini selain sebagai penunjang rasa lebih gurih, diantaranya adalah:

1. Memudahkan untuk mencernanya, dengan tambahan kaldu yang memang pada dasarnya agak basah atau berair, maka memungkinkan buah hati untuk lebih mudah mencerna menu makanan tersebut, dibandingkan dengan jenis makanan yang kering atau tanpa air.

2. Kaya akan kandungan prebiotik alami, prebiotik pada dasarnya adalah bakteri baik yang hidup di usus manusia, namun bayi sendiri belum banyak yang memilikinya, sehingga harus dibantu dengan asupan prebiotik dari luar, salah satunya bisa didapatkan dari kaldu ini.

3. Kaya akan kandungan nutrisi sehat, manfaat lainnya tak kalah penting adalah sumber nutrisi yang sehat untuk si kecil dalam memenuhi kebutuhan gizinya.

Banyak bukan manfaatnya, jadi tak ada salahnya sekali-kali mencoba untuk membuat sajian makanan atau hidangan yang dikombinasikan dengan bahan bermanfaat tersebut, namun pastikan hanya kaldu yang dibuat sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here