Categories
Aneka Masakan Wisata

Kue Dange Ciri Khas Kabupaten Pangkep

DARADAENG – Pangkep bukan saja memiliki daerah yang indah dan unik tapi juga memiliki aneka ragam kuliner salah satunya adalah Kue Dange, jajanan tradisional Sulawesi Selatan menjadi salah satu jajanan yang sulit didapatkan karena hanya ada khas kabuputen Pangkajene dan Kepulaun (Pangkep).

Kue Dangge adalah merupakan kue basah hasil olahan dari tepung ketan hitam, dipadukan dengan parutan kepala muda, dan gula merah , hinggah kue dange ini sangat banyak digemari, kue dange ini bisa anda dapatkan di pangkep yakni dijalan poros makassar – pare, tepatnya di kecamatan sigeri, dan Kecamatan Mandalle kurang lebih 60 kilo meter menempuh perjalan dari kota makassar jika bertolak dari bandara internasional sultan hasanuddin.

Dange

Kue Dange

Proses memasaknya sangat unik terlebih dahulu cetakan (orang pangkep menyebutnya dengan cadangan) kue dange ini dipanaskan terlebih dahulu dengan cara tradisional, yakni menggunakan kayu bakar. Setelah cetakan kue dange ini panasnya merata, baru adonan kue ini dimasukkan ke dalam cetakan

Kemudian setelah cetakan diisi dengan adonan kue dange tadi ditutup dan didiamkan hingga berubah warna menjadi coklat. Dulunya kue dange ini rasanya rasanya tradisional namun, seiring perkembangannya kue tradisional ini memiliki varian rasa keju, coklat dan coklat keju.

Nah, penasaran bagimana cara membuatnya ? Berikut adalah resep kue dange khas Pangkep

Bahan :

250 gram tepung ketan hitam.
125 gram kelapa parut setengah tua.
75 gram gula merah atau gula aren (sisir halus).
25 gram gula pasir.
½ sdt garam halus.
150 ml air matang.

Cara Membuat :

Pertama, kukus kelapa parut kurang lebih 20-30 menit.
Selanjutnya siapkan wadah, kemudian campurkan tepung ketan hitam bersama dengan kelapa parut yang telah dikukus tadi, gula merah, gula pasir, garam halus, serta air matang.
Kemudian aduk adonan hingga tercampur rata dan tiriskan.
Setelah itu siapkan cetakan kue pukis, olesi bagian permukaan cetakan dengan menggunakan margarine.
Selanjutnya tuangkan adonan kedalam cetakan secara perlahan sambil adonan dipadatkan, lalu panggang adonan hingga matang.
Terakhir, sajikan kue dange diatas piring saji. Siap dinikmati

By daradaeng

Daradaeng.com Adalah situs yang menyajikan berbagai jenis artikel. Terdiri dari berbagai ragam kategori yang dianggap layak untuk disajikan. Segala bentuk saran dan kritik kami harapkan dari pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *