Kategori
Riview

Manfaat Kasumba Bugis Mengobati Sakit Cacar Air

DaradaengKasumba bugis atau kasumba turate adalah Herbal sulawesi untuk mengatasi penyakit sarampa atau campak atau cacar air atau puru benteng dan telah menjadi herbal andalan bagi orang sulawesi untuk mengatasi penyakit tersebut, Kasumba dalam bahasa Makassar, atau Kesumba dalam Bahasa Bugis. Sejatinya adalah pucuk bunga yang diyakini dan terbukti mampu mengobati penyakit cacar air. Kesumba sendiri terdiri dari dua jenis

Cippe Lamuci yang Berasal dari bunga/putik bunga benalu yang menempel atau menumpang tumbuh pada tanaman besar seperti Jeruk Nipis/Buah, pohon Kapuk dan tanaman lainnya. pada umumnya kesumba bugis dimanfaatkan untuk mengobati penyakit cacar air, Cippe Lamacui yang menempel pada jeruk nipis lebih berkhasiat dibanding yang lainnya. Uniknya, untuk keperluan pengobatan, benalu ini harus dipetik langsung pada pagi hari saja dan tidak boleh diambil dengan bantuan penjolok/sulur bambu panjang. dan kesumba terate yang berasal dari bunga/putik daun teratai Kuma-kuma (Crocus sativus) Putik/bunga dari tanaman tersebut lalu dikeringkan, warnanya merah.

Manfaat Kasumba Bugis

Beberapa mitos mengatakan bila bayi atau anak-anak terkena sakit cacar air, maka mereka tak diperkenangkan untuk mandi. Namun hal demikian tentunya tidak benar. Karena penyakit ini bukanlah keadaan yang menyebabkan seseorang dilarang mandi. mandi justru akan menjaga tubuh tetap bersih dan terhindar dari infeksi kuman yang lainnya, gejala Penyakit Cacar Air/Sarampa adalah terkena demam selama 3 hari lamanya, timbulnya bintil-bintil merah pada kulit yang lama kelamaan akan berubah menjadi gelembung berisi cairan bening seperti air mata, terasa gatal-gatal pada kulit yang Kadang disertai batuk dan pilek.

Cara Lain mengatasi Cacar Air


Basuhlah dengan air hangat dan lakukan dengan lembut atau boleh juga berendam sebentar dengan cairan antiseftik. Kemudian keringkan hati-hati dengan cara ditepuk-tepuk ringan hingga kering. Setelah itu bubuhkan bedak pada gelembung berisi cairan bening yang masih utuh.
Jangan pernah memecahkan gelembung cairan atou melepaskan keropeng sebab bisa menyebabkan infeksi kilit
Untuk gelembung yang sudah pecah, cairan bening yang ada di dalamnya akan mengering sendiri. Jadi biarkan saja. Bila dikelupas, dikhawatirkan akan membekas. Yang harus dilakukan adalah mengoleskan salep antivirus dari dokter pada tempat cacar yang sudah pecah. Biarkan hingga keropengnya mengering dengan baik dan terlepas sendiri.

Mengobati Carar Air dengan Daun Paria

Cara membuat ramuan. Ambillah beberapa lembar daun Paria, irisan dua siung bawang merah, garam secukupnya, 5 sendok minyak goreng kelapa, kesumba bugis kemudian Remas hingga menjadi satu, hingga garamnya lumer bersama minyak gorengnya. Getah daun Paria yang telah menyatu dengan minyak goreng dan kesumba bugis, dioleskan kesekujur tubuh penderita cacar. Ingat, jangan hanya dioleskan pada daerah yang kena cacar, melainkan disekujur tubuh.

Oleh daradaeng

Blog daradaeng.com adalah blog legend yang hadir sejak tahun 2012 pernah merajai mesin pencari di google, namun seiring dengan kehadiran media mainstream mengambil alih jatah blogger, maka saya sebagai admin pamit undur diri. Bagi yang minat membeli situs ini kontak saya Via WA : 08529887111

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *