Batik Tulis Asli

DARADAENG – Beberapa tahun belakangan ini, penggunaan batik memang semakin tren di tanah air. Karena batik tak lagi identik dengan kesan kuno dan membosankan. Aneka motif batik yang menarik mulai divariasikan dengan beragam model pakaian yang kekinian. Baju batik wanita pun terkesan semakin fashionable tanpa meninggalkan kesan etnik.

Batik tulis merupakan jenis batik unggulan yang proses pembuatannya masih dilakukan secara konvensional. Kendati demikian, kualitas batik tulis asli jelas jauh lebih baik daripada batik cap atau batik print. Kalau Anda ingin membeli batik tulis asli dalam waktu dekat, kenali dulu ciri-cirinya berikut ini:

Motif Batik Asli Justru Kurang Rapi

Mayoritas orang akan sangat tertarik melihat batik yang motifnya tersusun sangat rapi dan simetris. Padahal, batik asli justru kurang rapi karena dibuat secara manual dengan tangan. Selain bentuk yang kurang simetris, ukuran dan varian motifnya pun mungkin akan tampak sedikit berbeda dalam sehelai kain.

Ukuran Motif Tampak Lebih Detail

Batik tulis yang asli juga memiliki ukuran motif yang lebih detail dan luwes dibandingkan jenis batik lainnya. Karena setiap bagian motif dibuat secara perlahan-lahan dengan mengandalkan keterampilan tangan sang perajin. Meskipun dibuat dengan acuan gambar yang sama, biasanya tak pernah ada batik tulis yang motifnya identik satu sama lain.

Tinta Batik Terlihat pada Kedua Sisi Kain

Tinta yang digunakan pada batik tulis akan terlihat pada kedua sisi kain. Sehingga bagian belakang batik pun akan memperlihatkan motif yang tegas. Terutama jika batik tersebut menggunakan kain bertekstur halus. Batik cap mungkin juga akan terlihat pada bagian belakang kain. Tetapi motifnya tidak setegas motif pada batik tulis.

Warna Dasar yang Lebih Muda

Warna dasar kain batik tulis pasti lebih muda daripada warna motifnya. Karena tinta batik akan menyerap sempurna dan menghasilkan motif yang beragam. Sebaliknya, batik cap justru sering memiliki warna dasar kain yang lebih tua. Tujuannya agar produsen batik tak perlu menutupi warna dasar kain dan meminimalkan biaya pembuatan batik tersebut.

Aroma Khas Lilin pada Batik Tulis Asli

Batik tulis asli identik dengan aroma malam (lilin) yang menyengat. Karena proses pembuatannya memang melibatkan cairan lilin agar tinta dapat merekat sempurna pada serat-serat kain. Aroma khas lilin tersebut tak akan Anda temukan pada kain batik cap atau batik print. Karena kedua jenis batik tersebut didominasi oleh aroma zat kimia yang dipakai dalam proses pembuatannya.

Ciri Khas Bagian Akhir Motif Batik

Bagian akhir motif batik tulis identik dengan titik atau noda yang berukuran lebih besar. Tetesan lilin di awal dan akhir goresan kain batik memang menyebabkan timbulnya ciri khas tersebut. Hal ini jelas berbeda dengan batik cap atau batik print yang motifnya tampak seragam tanpa ciri khas noda tersebut.

Harga batik tulis memang lebih mahal dibandingkan batik print atau batik cap karena proses pembuatannya tergolong rumit. Namun, batik tulis adalah pilihan terbaik untuk membuat aneka jenis pakaian, termasuk baju batik wanita. Varian baju batik wanita yang dibuat dari dasar batik tulis akan terlihat lebih mewah dan elegan.

Kalau Anda termasuk penggemar batik, tak ada salahnya bila Anda memiliki koleksi baju berbahan batik tulis. Proses perawatan yang tepat akan membuat batik tulis tahan lama dan tak mudah rusak. Harga yang harus Anda bayar pasti sebanding dengan baju batik yang Anda dapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here