Tenaga Surya
Categories: Riview Teknologi

Pemanfaatan Listrik Tenaga Surya Bagi Kebutuhan Masa Depan

DARADAENGTenaga Surya atau Listrik merupakan salah satu sarana pendukung berbagai aktivitas manusia. Beragam aktivitas rumah tangga dan industri besar membutuhkan listrik sebagai sumber energi utama. Masalah pasokan listrik sebenarnya bukan kendala besar bagi Indonesia. Karena Indonesia memiliki potensi berupa tenaga matahari yang bisa dikembangkan menjadi pembangkit listrik.

Prinsip Dasar Listrik Tenaga Surya

Tenaga Surya merupakan Sinar matahari yang diserap oleh panel-panel tenaga surya akan disimpan sebelum diolah pada proses selanjutnya. Proses pengolahan yang mengubah foton menjadi energi listrik dikenal dengan istilah photovoltaic (PV). Semakin tinggi intensitas sinar matahari, maka semakin banyak pula jumlah listrik yang dihasilkan.

Salah satu keunggulan dalam pengolahan listrik tenaga surya adalah sifat ramah lingkungan. Karena proses pengolahan ini tidak menghasilkan polusi yang berisiko mengganggu ekosistem. Itulah sebabnya pengolahan listrik tenaga surya merupaka potensi besar yang harus dikembangkan semaksimal mungkin di tanah air.

Mengenal Potensi Besar Listrik Tenaga Surya di Indonesia

Potensi listrik tenaga surya di Indonesia harus diimbangi oleh dukungan pemerintah. Letak strategis di wilayah katulistiwa membuat Indonesia kaya akan sinar matahari. Paparan sinar matahari di tanah air bahkan bisa mencapai angka 2.000 jam setiap tahun.

Solusi generator listrik sebagai cadangan ketika terjadi gangguan kelistrikan. Dengan begitu pasokan listrik bagi industri bisa dipastikan tetap berjalan lancar.

Namun tak sekedar mampu memiliki genset saja, perlu juga dilakukan pemeliharaan dengan baik agar genset perusahaan ini bisa tahan lama. Masalahnya setelah sekian lama kemudian genset ini akan mengalami penurunan kinerja.

Namun secara kasat mata tentu kita tak bisa melihatnya. Karena itu kita membutuhkan solusi atau jalan keluar tentang listrik untuk industri supaya dapat mengetahui bagaimana kinerja genset terkini. Solusinya adalah dengan memakai load bank. Memakai perangkat ini akan mempermudah pengecekan beban genset dan juga mengetes performanya apakah masih sesuai dengan standar yang berlaku atau sebaliknya.

Inilah penjelasan mengenai cara standar yang dipakai solusi listrik untuk industri. Sebab ketika ada banyak genset yang dimiliki pabrik, untuk melakukannya akan berlangsung lebih praktis dan efisien. Penggunaan load bank memang sudah merupakan solusi utama melakukan pengujian genset sekaligus memastikan sistem listrik cadangan bisa bekerja dengan baik.

Belum ada komentar

Tulis komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *