Pencegahan Hipertensi Untuk Hidup yang Sehat

0
59
Hipertensi

DARADAENG.COM – Mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa sangat beresiko untuk kesehatan, ini karena hipertensi bisa mengganggu akan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah atau arteri. Tekanan yang tinggi tentu saja sangat berbahaya untuk tubuh karena kasus resiko penyakit jantung menjadi lebih besar. Dari itu konsumsi makanan sehat penting dilakukan dan diupayakan tidak terus dengan mengkonsumsi obat hipertensi. Hal ini karena efek obat dari hipertensi yang juga kurang baik untuk kesehatan.

Keseringan dalam mengkonsumsi obat hipertensi juga bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti membuat detak jantung lebih melambat, selain itu kekuatan pompa jantung juga menurun. Jumlah cairan dalam pembuluh darah yang menurun juga efek lainnya yang bisa terjadi dengan mengkonsumsi obat hipertensi yang lama. Dari itu sebagai pencegahan yang baik dan alami, mengatur akan pola konsumsi dengan mengurangi konsumsi makanan berkalori tinggi dan menjaga kesehatan sebaiknya dilakukan. Untuk pola konsumsi beberapa makanan berikut ini baik untuk menurunkan hipertensi.

  1. Konsumsi buah-buahan. Berbagai macam buah-buahan dipercaya bisa menurunkan resiko dari hipertensi, selain itu juga sangat baik untuk kesehatan. Pilihan buah seperti pisang sangat tinggi dengan kalium yang dapat menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi pada tubuh. Jenis buah lainnya seperti buah berry juga sangat baik untuk penurun tekanan darah tinggi.
  2. Konsumsi sayuran hijau. Selain buah-buahan mengkonsumsi sayuran hijau juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Pada sayuran hijau selain tinggi akan kalium juga kaya akan kalsium yang bermanfaat menurunkan darah tinggi. Sementara itu untuk berbagai jenis sayuran hijau yang dapat dikonsumsi diantaranya seperti sayur bayam, lobak hijau, sawi, kale, dan yang lainnya.
  3. Konsumsi ikan. Untuk ikan dapat dipilih jenis-jenis ikan tertentu yang sangat baik untuk menurunkan hipertensi. Pilihan ikannya sendiri dapat dipilih seperti jenis ikan salmon, dan trout yang memiliki kandungan vitamin D tinggi serta asam lemak omega 5 yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Akan tetapi untuk mengkonsumsi ikan harus diperhatikan juga dalam pengolahannya, seperti menggunakan garam karena justru bisa meningkatkan tekanan darah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here