guitar

DARADAENG – Berbicara tentang dunia music memang tidak pernah membosankan, apalagi bagi Anda para pecinta music. Tak hanya beberapa lagu hits yang diciptakan oleh beberapa musisi yang menyita banyak penikmat music, namun juga alat music rupanya juga menjadi perhatian khusus bagi para penggemar music.

Dari waktu ke waktu, alat music memang terus berkembang seiring dengan kebutuhan hiburan di masyarakat. Ada banyak jenis alat music yang kini menjadi bagian dalam lagu hits yang popularitasnya terus melejit di kalangan masyarakat. Salah satu dari sekian alat music yang tetap eksis hingga sekarang adalah gitar.

Gitar merupakan salah satu jenis alat music yang dibunyikan dengan cara dipetik. Alat music yang satu ini pun banyak digemari tak hanya oleh kalangan dewasa saja, bahkan banyak remaja dan anak-anak yang sudah piawai memainkan alat music yang satu ini.

Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan hiburan yang terus meningkat, gitar pun kini berevolusi menjadi gitar listrik atau yang juga disebut dengan gitar elektrik. Gitar yang satu ini merupakan bentuk dari modernisasi dalam dunia music di zaman sekarang.

Gitar yang diciptakan pertama kali pada tahun 10931 oleh pabrikan Rickenbacker ini merupakan gitar yang menggunakan pick up untuk bisa mengubah bunyi ataupun getaran yang berasal dari string gitar menjadi arus listrik yang nantinya akan dikuatkan kembali dengan amplifier dan loud speaker.

guitar

Kebutuhan akan gitar elektrik ini pun semakin tinggi dengan ditandai adanya orchestra-orkestra jazz yang semakin berkembang pada tahun 1930 dan 1940an. Hal tersebutlah yang mejadi alasan mengapa gitar elektrik yang satu ini selalu laris di pasaran.

Dengan berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh gitar elektrik yang satu ini, ternyata membuat gitar elektrik memiliki harga jual yang lumayan tinggi di pasaran. Tentunya, hal ini menjadi penghalang bagi Anda yang ingin membeli gitar listrik namun tidak memiliki budget yang cukup.

Sebenarnya, masalah yang satu ini dapat Anda atasi dengan membeli gitar elektrik bekas yang tentunya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga gitar elektrik baru.

Namun, sebagian dari Anda pasti bertanya bagaimana jika gitar bekas yang dibeli tidak memiliki kualitas yang bagus atau malah rusak dan malah hanya akan membuang-buang uang saja? Nah, bagi Anda yang memiliki pemikiran seperti itu, alangkah baiknya untuk membaca beberapa tips di bawah ini yang bisa Anda gunakan untuk membeli gitar elektrik bekas yang tentunya masih tinggi kualitas.

Berikut beberapa tips yang harus Anda lakukan sebelum membeli gitar elektrik bekas.

  1. Periksa dengan baik neck/stang gitar

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah periksa dengan baik dan teliti neck/stang gitar apakah bengkok atau tidak. Cara memeriksanya yaitu dengan menekan secara bersamaan senar nomor 6 fret 1 dan fret nomor 15. Kemudian, perhatikan dengan baik apakah senar pada nomor 5, 6, 7 dan 8 menempel pada fret atau tidak. Jika tidak tidak menempel, berarti stang gitar tersebut lurus dan tidak bengkok.

  1. Periksa fret dengan teliti

Memeriksa fret dari gitar elektrik yang akan Anda beli sangatlah penting untuk dilakukan. Ini karena apabila fret tersebut berkarat ataupun terkikis, hal tersebut rupanya dapat membuat suara berubah dan bertabrakan dengan fret yang ada di depannya pada saat ditekan. Yang pasti, itu dapat membuat kualitas suara dari gitar elektrik menjadi buruk.

  1. Periksalah dengan baik kondisi pick upnya

Periksa pick up apakah masih dalam kondisi yang baik atau tidak dengan cara hubungkan gitar dengan ampli gitar. Kemudian bunyikan gitar elektrik dengan menggunakan nada clean.

Cermati dengan tajam apakah gitar masih memiliki suara yang tajam ataupun tidak. Setelah mengecek kualitas suara gitar dengan menggunakan ampli, Anda kemudian bisa mengeceknya kembali dengan menggunakan sound efek.

  1. Periksalah tuner setting pada bagian stem

Gitar elektrik dengan kondisi tuner yang berkarat dan kurang baik ternyata dapat mengakibatkan senar menjadi kendor dengan sendirinya dan membuat nada menjadi rendah. Tentunya, hal yang satu ini sangat berakibat fatal pada kualitas suara yang akan dihasilkan nantinya.

  1. Periksa dengan baik bagian volume setting
    Untuk memeriksa bagian yang satu ini, Anda bisa memeriksanya dengan menggunakan ampli dan sound effect. Periksalah dengan teliti apakah masih berfungsi dengan baik ataupun tidak. Tak hanya itu, Anda juga harus memastikan bahwa gitar eletrik tersebut tidak akan menimbulkan suara yang berisik pada saat diputar dan dikeraskan.

  2. Periksa secara teliti bagian bridge
    Untuk memeriksa bagian bridge yang satu ini Anda bisa menggunakan whammy bar. Periksa bridge terutama yang bisa dipasang stik whammy bar. Pastikan apakah suara yang dikeluarkan oleh gitar tersebut memiliki nada yang baik.

Apabila pada saat dilakukan pengecekan gitar elektrik tersebut memiliki nada suara yang turun walaupun sudah dipasang pengunci/lock, maka dipastikan pegas atau per yang terletak di bawahnya sudah memiliki kondisi yang tidak bagus.

  1. Periksa dengan baik kondisi bodi gitar
    Memeriksa seluruh bagian bodi gitar elektrik memang sangat penting untuk dilakukan, terutama Anda harus bisa memeriksa apakah gitar elektrik yang akan Anda beli masih dengan kondisi cat yang bagus atau tidak.

  2. Tunjukan semua kekurangan yang dimiliki gitar pada pemiliknya
    Menunjukkan beberapa kekurangan yang dimiliki gitar elektrik kepada penjual memang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini karena akan sangat berpengaruh pada harga yang akan ditawarkan nantinya. Jadi, apabila Anda menginginkan gitar elektrik dengan harga yang murah, jangan pernah ragu untuk menunjukkan berbagai macam kekurangan yang dimiliki.

Selain beberapa tips di atas yang wajib Anda lakukan sebelum membeli sebuah gitar elektrik bekas, teliti dan cermat dalam memilih dan memeriksa kondisi dari gitar elektrik yang akan Anda beli rupanya menjadi poin terpenting agar bisa mendapatkan gitar elektrik bekas dengan kualitas yang masih bagus.

Untuk bisa mendapatkan sebuah gitar elektrik yang bagus dan berkualitas tinggi, sangat disarankan bagi Anda untuk mengecek barangnya secara langsung dan bukan melalui situs penjualan online. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghindarkan Anda dari kasus penipuan yang kerap terjadi.

Sebagian besar bagi Anda mungkin akan merasa khawatir apabila gitar elektrik bekas yang Anda beli ini akan mudah rusak dan turun kualitasnya.

Namun sebenarnya hal tersebut data dihindari asalkan Anda mampu merawatnya dengan baik dan benar seperti pada tips di bawah ini:

  1. Bersihkan secara rutin senar gitar dengan menggunakan kain halus maupun tisu. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus senar gitar yang dapat Anda beli di toko alat music.
  2. Simpan gitar pada tempat yang kering.
  3. Apabila gitar tidak digunakan dalam waktu yang lama, maka kendorkan senar gitar.
  4. Simpan gitar di tempat yang aman

Cukup mudah bukan cara merawat gitar elektrik bekas agar lebih awet dan tahan lama? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here